Apa Tujuan Membuat Hak Kekayaan Intelektual

Masuk ke bisnis biasanya merupakan jalan yang diambil banyak orang ketika mereka tidak lagi ingin tetap menjadi karyawan sepanjang kehidupan kerja mereka atau mereka tidak ingin memiliki bos lagi. Begitu Anda mendirikan bisnis sendiri, Anda menetapkan waktu Anda sendiri untuk bekerja dan sekarang menjadi majikan, bukan karyawan perusahaan Anda hak kekayaan intelektual sendiri.

Tentu saja, menjalankan bisnis bukanlah piknik. Ada banyak aspek yang perlu dijaga dengan semangat dan dedikasi jika Anda ingin sukses di dalamnya. Di antara aspek-aspek ini ada yang legal. Sebagai entitas bisnis, perusahaan Anda juga tunduk pada hukum negara tempat bisnis Anda beroperasi.

Berikut beberapa masalah hukum yang perlu Anda tangani saat menjalankan bisnis:

Mengamankan izin – Baik itu tentang membangun gedung Anda sendiri atau mendapatkan izin untuk beroperasi, Anda perlu mendapatkan izin dari otoritas pemerintah setempat tempat Anda berencana untuk mendirikan operasi bisnis Anda. Mendapatkan izin tidak hanya tentang mematuhi hukum, tetapi juga tentang mendapatkan pengetahuan tentang apa saja kewajiban dan hak Anda.

Mempersiapkan kontrak – Kontrak bukan hanya sekedar dokumen yang ditandatangani oleh pihak-pihak yang terlibat. Merekalah yang menjaga hubungan hukum tetap hidup. Saat menjalankan bisnis, Anda perlu menyiapkan kontrak baik untuk klien, pemasok, mitra bisnis, pelanggan, atau untuk mereka semua. Pastikan untuk mendapatkan pengacara untuk menyiapkan kontrak ini untuk memastikannya sesuai dengan parameter hukum.

Menjaga kekayaan intelektual – Jika Anda memiliki bisnis yang mengembangkan produk, proses, atau program perangkat lunak yang baru dan inovatif, Anda harus memastikannya dilindungi dari pelanggaran hak cipta. Anda harus mengetahui hak kekayaan intelektual Anda dan cara melindunginya.

Periklanan dan promosi – Ada peraturan yang berlaku terkait dengan produk dan layanan periklanan, bergantung pada negara atau negara bagian tempat bisnis Anda beroperasi. Beberapa area dalam periklanan dan promosi yang perlu Anda tangani adalah hak cipta, perjanjian sponsor, logo dan merek dagang, dan pengemasan.

Perencanaan suksesi – Menjalankan bisnis memerlukan pembuatan rencana jangka pendek, menengah dan panjang. Sebagai bagian dari yang terakhir, Anda juga harus menjelaskan apa tujuan Anda setelah Anda memutuskan untuk keluar dari perusahaan. Transisi kepemilikan, apakah Anda mentransfer kendali kepada anggota keluarga atau layak mendapatkan karyawan perusahaan Anda, harus lancar sehingga bisnis Anda akan tetap kuat dan layak bahkan setelah Anda pergi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *